Desember 17, 2008

Patrick Arguello- Pejuang Kemerdekaan Palestina

Posted in Marxist Abis pada 1:39 am oleh kusumahk

       Hanya sdikit orang saat ini yang tahu  Al Syahid Patrick Arguello (1943-1970). Meskipun ia terlahir di Amerika, dan melihat langsung bagaimana arogansi negerinya , tetapi sebagai orang  yang berayahkan orang Nikaragua yang pernah langsung merasakan imperialisme Eropa dalam sejarah bangsanya, Arguello tergerak untuk bersentuhan langsung dengan gerakan pembebasan internasional.

       Ketika ia menginjak remaja, ia menyaksikan langsung bagaimana Dikatator fasis Somoza yang didukung Amerika Serikat semakin menjadi-jadi menghabisi gerakan pro kerakyatan. Jelas sang Dikator fasis ( seperti Soeharto) yang didukung Amerika ini menghadapi banyak musuh, nah dari sini Patrick Arguello terlibat dengan diskusi- diskusi politik, yang mengakibatkannya perjuangan kelas menjadi pilihannya dan Revolusi Kuba serta Che Guevara menjadi idolanya. dari sini ia terlibat gerakan sandinista Nikaragua yang terkenal itu.

      Di Swiss jaringan marxist internasional mempertemukan gerakan Sandinista dengan tokoh tokoh Marxist Palestina seperti Nayef Hawatmeh, seorang Katholik Yunani Arab  Badui. Dari sini kemudian  patrick Arguello terlibat dalam gerakan  Pembebasan Palestina  terkenal sehingga terjadi peristiwa pembajakan pesawat Israel El Al penerbangan 219 pada tahun 1970 . Ia sendiri kemudian tertembak dan syahid ditembak pasukan anti teror Zionist penjajah.

     Untuk mengenangnya pemerintahan Sandinista Nikaragua mengabadikan namanya pada sebuah proyek geotermal, walaupun kemudian rezim pemerintahan berikutnya yang reaksioner mencabutnya.Viva Internasionale !!! 

    Ahmed Shahi Kusuma mengenang Patrick Arguello sebagai  Al Syahid yang memberi teladan akan makna jihad yang tidak sempit seperti kaum reaksioner di Indonesia !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: