Desember 18, 2008

Fusako Shigenobu

Posted in Marxist Abis pada 1:42 am oleh kusumahk

       Perempuan satu ini lahir di  lahir di Tokyo tahun 1945. Berpendidikan dari Meiji University, ia merupakan pendiri dari gerakan internasionalis terkemuka”Tentara Merah Jepang” yang dikenal dedikasinya menentang kapitalisme dan imperialisme.

      Pada salah satu episode perjuangan kemerdekaan Palestina yang dirampas fasis imperialis rasis zionis Israel, kelompok ii tergerak untuk mengembalikan hak kemerdekaan rakyat Arab Palestina yang tertindas. Bersama para kamerad dalam PFLP mereka terkenal dalam pembajakan pesawat di Lod, tanah Arab yang dirampok Zionis penjajah rasis.

       Setelah puluhan tahun menghilang Fusako akhirnya ditangkap pemerintah kolaborator Jepang pada tahun 2001. Fusako mempunyai seorang putri May Shigenobu yang menghabiskan masa kecilnya di kamp pengungsi di Libanon, menyelesaikan  SMAnya di Beirut, dan master dari Doshisha University di Kyoto. Mengomentari perjuangan ibunya yang menjadi legenda di tahun 1970an, May berkomntar,”Saya mendukung konsep perjuangan ibu tapi tidak sepakat dengan jalan kekerasan yang digunakan.” Ia menambahkan,” saya terlahir sebagai putri seorang pejuang, saya bangga karena mereka berjuang demi Palestina.” Ahmed Shahi Kusuma berseru ” Hidup pejuang Internasionale”

1 Komentar »

  1. wanita tangguh, salute….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: