Januari 12, 2009

Sinagog Surabaya Ditutup

Posted in agama pada 1:18 am oleh kusumahk

      

                  

 Gencarnya serangan penjajah fasis rasis zionis Israel ke tanah Gaza menimbulkan kecaman dunia internasional. Sudah hampir seribu orang dibantai zionis rasis itu.

        Di Indonesia , negeri yang sangat relijius ini tentu tidak ketinggalan mengecam aksi zionis ( meski sayang kenapa pembantaian di Tibet kok tidak didemo ?). Militansi anti zionis ini bagus, sayang kemudian bagi Ahmed Shahi Kusuma bahwa konflik ini terseret ke masalah agama.

        Agama adalah kudus. Agama adalah pencarian esensi diri manusia untuk melawan arus materialisme, sayang hal ini diseret ke ranah politik yang berorientasi keuasaan, halalisasi, dan kanibalisme. Semua agama bisa dibaca secara peryaaan spiritual  atau ladang palu godam berdarah. Islam punya sejarah Yazid memenggal Hussein, Yahudi punya sejarah pembantaian bangsa Ammon, dan Kristen dengan Cortez yang meluluh lantakkan peradaban agung Indian.

         Kasus anti Israel zionis sayang sekali menjadi anti Yahudi. Anti Israel seharusnya dibedakan dengan anti Yahudi, seperti anti Nazi bukan sama dengan bangsa Jerman, dan Imam Samudra  atau bukan wajah Islam, kan ? 

        Ahmed Shahi Kusuma yang arek Suroboyo melihat bagaimana pengidentikkan Yahudi dengan zionisme dan Israelisme di Surabaya. Demo yang dipimpin Ustadz Abdurrahaman navis, Lc, seorang ustadz yang dikagumi Ahmed Shahi Kusuma karena tradisi ustadz itu) itu menuntut ditutupnya sinagog  Yahudi di Surabaya. Sungguh sangat disayangkan !

        Ahmed Shahi Kusuma tanpa menghormati rasa hormat terhadap ustadz, tidak setuju langkah itu, karena bukankah itu tempat ibadah ? tempat nama Tuhan diagungkan ? ( kecuali kita kembali ke pandangan ada banyak Tuhan di muka bumi, setiap suku punya masing2 tuhan ???)

        Tentu, dibantah dengan menyatakan bahwa masjid di Gaza dihancurkan ? kenapa kita tidak melakukan hal yang sama ? Wahai saudaraku, justru di situ seharusnya letak keluhuran, dan kebajikan. Tindakan  konyol ini adalah anti Yahudi ( sebagaimana ada anti islam, Arab, atau China di manapun !) bukan anti zionis seperti Ahmed Shahi Kusuma yang tetap teguh berpendapat menentang bigot, fasisme, rasisme dan kelas !

         Diskriminasi tidak akan hancur dengan melakukan diskriminasi yang sama.  Teman saya  bilang bahwa di situ para Yahudi adalah Yahudi  pendukung zionisme. Ok, tetapi… bukankah muslim Arab, dan Arab Kristen melakukan pendukungan terhadap Palestina melalui gerja dan masjid mereka !, bukankah itu hal yang wajar dalam demokrasi dan sentimen primordial ? Sekali lagi tetap lawan pendudukan zionis yang rasis, bigot,fasis, dan kelas agar keadilan tegak di bumi, tapi tidak melakukan hal yang sama !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: