Januari 22, 2009

Haul Setahun Meninggalnya George Habash ( 26 Januari 2009)

Posted in Marxist Abis, Palestina dan Marxisme, Uncategorized pada 6:27 am oleh kusumahk

     

                             

   Tidak  ada yang tidak berduka dengan meninggalnya George Habash di antara pecinta gerakan pembebasan proletar dan tertindas  internasional, kecuali mereka para fasis imperialis dan rasis zionis dan pendukungnya.

        Tepat setahun yang lalu  dr. George ( Al hakeem Juraij/jurjiej) meninggal. Tokoh yang mendedikasikan perjuangannya demi menghapuskan zionisme aparteid  meninggal setelah sakitnya yang makin teruk.

         Terlahir dari keluarga pedagang gandum yang kaya di Lod-Ramle yang sekarang masuk wilayah Israel pada tahun 1928. Ia berasal dari  keluarga Arab penganut Kristen Ortodoks Yunani.  Pendudukanteroris zionis terhadap kampung halamannya menghancurkan impiannya di Beirut tempat ia sedang menimba ilmu kedokteran di Universitas Amerika Beirut.

          Ketika ia memaksa pulang ( ia tidak sempat menamatkan sekolahnya) ke Lod, ia ikut angkat senjata. Thomas Friedman dalam ” From Beirut to Jerusalem” menyebut George sebagai orang yang menghabiskan masa hidupnya dengan menyerang zionis sejak usia dininya. Ia dapati Lod sudah terkepung ( tentang kisah pembantaian Lod baca dalam Alan Hart, ” Arafat : peace maker or terrorist ?, bagaimana zionis menyerbu bahkan sampai masuk gereja) Ia mendapati kekejaman yang luar biasa, tentara Zionis bahkan mendapati saudarinya yang terluka tidak bisa dirawat dan mati di dekapannya. Trauma ini dan kehidupannya di pengungsian Yordania,dan Lebanon membentuk karakter George untuk terlibat gerakan2 radikal berlandaskan marxisme. Ia pendiri harokah wathani arabiyah yang radikal bersama Wadi Hadad dan Nayef Hawatmeh.

           Pandangannya yang radikal seperti Hamas menyebutkan bahwa Israel adalah kanker yang dicangkokkan oleh imperialis barat ke dunia Arab. George percaya bahwa tanah Palestina  adalah dari Laut ke Laut ( bandingkan dengan Partai Komunis Palestina yang berorientasi ke Moskow adalah partai Arab pertama yang mengakui hasil 1947). Wawancara George dengan Grace Halsell dapat dilihat di  www.16beavergroup.org/mtarchive/archives/002454.php  di sebauh tempat di Damaskus.

           Pada saat pemakaman George Habash, Ismail haniyah, pemimpin Hamas menyatakan, ” Sekarang sekali lagi… Kita kehilangan orang mendedikasikan seluruh hidupnya untuk pembebasan Palestina”. Pemimpin organisasi Jihad Islam menyebut ” Jihad Islam sangat kehilangan simbol utama dari bangsa Palestina dan Arab. kami memuji amal George habash yang sepanjang hidupnya menentang ( resistande) dan berjuang ( struggle) menentang pendudukan Israel, menolak pandangan Amerika tentang persoalan Palestina dan jasanya dalam Gerakan nasional Arab” http://windowintopalestine.blogspot.com/2008/01/islamic-jihad-expresses-sadness-over.html

           Ahmed Shahi Kusuma mengucapkan bahwa haul ini untuk mengenang juga 2 teman yang lain yaitu Syeikh Ahmad Yassin dalam Hamas dan Yassir Arafat dari fatah.Sesungguhnya perjuangan masih lama.  

              Zionis bisa hancur kalau Nasamarx bisa bersatu !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: