Januari 29, 2009

Tragedi Anarkisme di Indonesia

Posted in Anarkisme pada 3:06 am oleh kusumahk

        

                                 

         Tiada kta di Indonesia yang menunjukkan bigot akut keculai Marxisme dan anarkisme. Jika marxisme selalu dihubungkan dengan kekejaman PKI tahun 1948 dan 1965 ( padahal Hatta  marxis bebas, dan Syahrir serta Soemitro , ayah Prabowo adalah para marxis dalam PSI ), maka anarkisme sama dengan supporter Persebaya kalau bakar-bakar. Anarkisme sama dengan kerusuhan. Ini terjadi karena rezim Soeharto yang membodohi bangsanya sendiri agar langgeng kekuasaannya. 

        Anarkisme,sebagaimana ideologi apapun ( marxisme, kapitalisme, zionisme, Islamisme dsb) memiliki tingkat yang berbeda. dari spektrum radikal sampai moderat. OK, anarkisme melawan otoritas yang membelenggu. Kalau ideologi apapun menghendaki pemaksaan agar rakyatnya tat hukum atas dasar negara yang kuat adalah bagus, karena negara memang memaksa, maka anarkisme menentang itu. Bagi kaum anarkis , orang2 sudah cukup pandai untuk mengatur dirinya sendiri.

         Di Indonesia, pondok pesantren jaman belanda, sekolah “liar” Taman siswa, arisan2 , PKL,dan LSM2 bebas adalah contoh2 lembaga2 bebas dari intervensi negara yang kerjanya cuma menakuti dengan pasal2 dan penjara, atau karnaval seragam seperti komedi monyet !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: