Januari 30, 2009

Nagaland Tetap Membara

Posted in agama, Aksi Teroris, bigot, Serba Anak Benua India pada 12:54 am oleh kusumahk

           

                        Gambar 2 cewek nagaland

 Ini berita tentang negeri India. Pemberontak India yang berasal dari etnik  di wilayah nagaland yang merupakan rumpun ras mongoloid terus menentang pemerintahan Delhi. Mereka memberontak karena merasa bahwa India dikuasai oleh bangsa Indo Arya yang berkiblat ke Hindustan.

             Dari sekitar   1 samapi 2 juta penduduknya, Nagaland adalah satu2nya wilayah India yang beragama mayoritas Kristen, yang celakanya lagi adalah sekte para evangelis yaitu Baptis. Tidak seperti gerja Lutheran yang modern dan cenderung liberal, atau Katholik yang adaptatif terhadap nativisme (ingat Bunda Theresa berkarya di Bengali), maka sekte baptist cenderung skripturalis sebagaimana gerja Amerika umumnya seperti Pantekosta dan sebagainya yang masih percaya Yesus satu2nya juru selamat. Kondisi ini diperparah dengan perbedaan ras, wilayah yang jauh dari Delhi dan dukungan “diam2” dari para penginjil Amerika. Seringkali orang HIndu dicegat dan dibunuh istimewanya pada perayaan agama  yang meriah dan ceria itu . Arak2 an membawa patung Ganesh misalnya di tahun 2000an dicegat dan bunuh 4 orang di antaranya. Patung itu dibakar, dan sekitarnya dirampas. 

          Orang2 Kristen Baptist Nagaland berpendapat bahwa orang HIndu berbuat najis dengan menyembah patung. Gerakan kemerdekaaan ini dinamakan NLFT ( National  Liberation Front of Tripura). Konflik ini telah memakan korban sekitar 11.000 orang sejak tahun 2000.

          Ahmed Shahi Kusuma bisa memahami kenapa gerakan ini timbul, kenapa ? karena setiap gerkan puritan , skripturalis, fundamentalis, di agama manapun akan menimbulkan kerusakan dahsyat di muka bumi. Yesus sendiri sudah menekankan agar menjadi garam dunia, masalahnya menjadi garam lebih indah bagi kaum baptist di sana, atau menjadi penghancur “berhala” bagi kaum “pagan” Hindu ? Dengan tepat kaum Hindu India menyebut kelompok NFLT sebagai Christian Al Qaeda ( lihat di www.christianaggression.org  pada bagian features)

             TEntang dukungan gereja (lihat  p://news.bbc.co.uk/2/hi/world/south_asia/717775.stm )

4 Komentar »

  1. Wah, NFLT itu al Qaeda Kristen ya?
    Berabe juga.

    Salam,
    Ioanes

  2. Ahmed Shahi Kusuma said,

    Tenks komennya Herr Ioanes………
    Mungkin gagasan saya berasal dari kekecewaan yang mendalam tentang gagalnya agama2 yang mapan saat ini, terutama rumpun agama Abraham untuk menjadi garam bagi dunia. Seperti yang saya tulis pada imel saya pada Bapak beberapa saat yang lalu, bahwa saya lebih suka melihat India tidak tercerai berai karena hal2 yg konyol seperti beda warna kulit, ras atau “agama”.
    Posisi saya terhadap konflik Kashmir jelas, bahwa Kashmir hanya akan menjadi ladang pembantain juga seandainya diberikan pada Pakistan. Lihat sekarang Pakistan gagal membina bahkan antar sesama muslim (Ahmadis atau Syiah). Wahabisme dengan Al Qaedahnya, Kristen dengan NFLTnya dan Yahudi dengan Kach menjadi ancaman nyata sebenarnya bagi peradaban spritual kita.
    Sayang juga penyakit klaim historis agama Abraham menular ke orang Hindu juga ( blog christianagression itu blognya orang Hindu radikal juga !!!) !
    Salam !

  3. Gregorius Santoso said,

    Mas Ahmed, salam kenal. Tulisan anda bagus, provokatif dan sangat informatif.
    Saya juga merasa aneh dengan beragamnya gagasan bahaya setan, anti kristus dan lain lain, misalnya pada evangelis produk gereja Amerika, seperti yang anda sebutkan.
    Gereja Katolik Roma tidak semudah itu menuduh aliran A,B atau C sebgai penganut setanisme. Kasus PDT (Ev.) Herman Kemala di Manado itu bisa sebagai contoh Mas. Ini cerita tentang dirinya yang mengusir setan
    http://forum.kidung.com/viewtopic.php?t=181
    Ia lulusan sekolah teologi Pasadena, Amerika Serikat, seperti kata anda, bukan dari Jerman atau Belanda dan Italia.

  4. Hendry said,

    Saya mndpat tugas dari dosen saya mngnai maslah india dan nagaland… Sblumnya saya tdak maslahnya, apakah ada refrensi lainnya untuk sya ktahui mngnai mslah ini scara jlas dn trprinci ? Mhon bantuannya..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: