Maret 18, 2009

Dhirendranath Datta: Pecinta Kemerdekaan, Anti Sektarian

Posted in agama pada 10:35 am oleh kusumahk

  Beliau adalah satu dari sedikit orang di dunia ini yang tidak silau dengan kemegahan palsu fundamentalisme agama atau pun sektarianisme/komunalisme. Dhirendranath lahir di Comilla (1886) yang merupakan bagian dari kemudian Bengali Timur yang termasuk Pakistan Timur ( Bangladesh) sekarang. Ia dengan keras menentang pemisahan Bengali menjadi 2 Bengali ( Bengali Barat) dan Timur. Barat dengan Kalkuta sebagai ibukota yang mayoritas Hindu, dan Timur muslim dengan ibukota Daka. Ia menentang rencana imperialis Inggris itu dengan rencana pecah belahnya. Ia menentang karena mengapa sebuah bangsa harus dipisah atas dasar  agama  atau ras tertentu ?

        Bagaimanapun ide Dhirendranath adalah hal yang aneh bagi para komunalis. Idenya kalah dengan cita-cita sektarian dan imperialisme Inggris. Dengan cepat Inggris menangkap” orang coklat busuk ini”. Pakistan tercipta,dan Bengalinya merana dengan bara api di Kalkuta. Muslim di Kalkuta dibunuh, sementara Hindu di Khulna dan Jessore diusir. Tidak seperti para intelektual Hindu lainnya yang terpaksa pergi ke Bengali India, ia tetap tegar di Comilla, di sebuah negara yang mendasarkan idenya pada komunalisme Islam ( Pakistan).

       Ia dan para nasionalis Bengali Timur kemudian seperti rekan2 muslimnya seperti Mujiburrahman menuntut bahasa bengali sebagai bahasa nasional juga bagi Pakistan ( ingat saat itu orang Bengali mencapai 55% dari populasi Pakistan). Pakistan (punjab,Sindh dan Pushtun) menumpas gerakan ini yang berujung dengan matinya Dhirendranath pada awal sekali gerakan perjuangan kemerdekaan Bangladesh. Pada tanggal 29 Maret 1971, para pasukan Pakistan dengan cepat memenjarakan Dhirendranath setelah menculiknya dari rumahnya di Comilla. Ia meningal karena penyiksaan yang berlangsung selama 3 hari. Baik muslim atau Hindu Bengali kemudian menjulukinya Syahid !

       Dhirendranath Datta mengajarkan bahwa kita tidak bisa mengingkari persaudaraan tulus manusia yang tidak bisa  diganti dengan ideologi-ideologi asing terselubung yang absurd dan “superior”, seperti ideologi Pakistan atau Israel dengan zionismenya. Coba bayangkan ,baru sebuah Pakistan saja yang  mendirikan sebuah negara Islam saja telah menciptakan monumen darah pada saudara muslimnya di Bangladesh ( sebanyak 200.000 sampai 3 juta), apakah lagi dengan ide  fasis macam  Hizbut tahrir , yang mendirikan negara atas dasar satu khilafah ?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: