September 4, 2009

Sumarsono Tokoh Pesindo, Jawa Pos, Dan FAK

Posted in bigot, Fasis Islam, Lingkungan dan Pembangunan, Uncategorized pada 4:30 am oleh kusumahk

        Dua hari terakhir ini Jawa Pos ,Surabaya meliput sebauh aksi  demo di bulan Ramadhan , yaitu meminta pertanggungjawaban atas ulah Jawa Pos yang memuat artikel  tentang pemprofilan tokoh pemberontakan PKI 1948 dan sekaligus komandan lapangan peristiwa 10 November 1945, Sumarsono atau Soemarsono ( Saya, Ahmed Shahi Kusuma sudah menulis banyak ttg peristiwa 10 November dibandingkan dengan perang Gaza di https://ahmedshahikusuma.wordpress.com/2009/01/15/perang-gaza-ulangi-drama-10-november-1945/ ).

    Baru- baru ini saja masyarakat Surabaya mengenal Sumarsono, padahal saya (Ahmed Shahi Kusuma) sudah membacanya sejak di bangku sekolah melalui buku Agus Sunyoto (yang saya kagumi), ketika mengupas detil gerakan dan kekejaman PKI 1948. OK, secara intelektual saya keberatan dengan bagaimana pihak PKI yang selalu cuci tangan atas peristiwa pemberontakan denagn menuduh Hatta di belakang peristiwa itu, padahal menurut saya cara itu pula  yang selalu dilakukan juga dalam setiap gerkan ekstrimis di negara kita dengan sebutan PROVOKASI. Tahun 1965 menyebut provokasi nekolim, tapi juga perlu dicatat bahwa gerkan ekstrimis Islam juga melakukan yang sama ( sebagaimana ekstrimis Kristen dalam RMS). Ledakan bom tahun 1984 di Borobudur, dan penyerangan sekarang atas jemaah tertentu diekskus- justifikasi  dengan nama PROVOKASI.

 PKI melakukan usaha kudeta tahun 1948 itu sudah jelas. Dokumen2 yang dtunjukkan golongan marxis  Tan Malaka atas rencana PKI sudah jelas. Kenapa PKI berontak ?jelas karena simplifikasi ajaran hitam putih, komunis baik dan non komunis jahat. Hal itu juga diulangi oleh anak2  aktifis Islam yang mencoba memberangus pandangan lain , yang tidak sependapat dengan mereka. Bendera dan poster yang diusung mereka yang mencoba memberangus Sumarsono (88 tahun) saat ini di kantor Jawa Pos sama persis dengan cara2 PKI dulu maupun Hitler , Bush dan Kach ketika ingin membungkam lawan-lawan mereka. Gertak, dan bikin keder lawan, hajar  mereka karena mereka kanker yang tidak berhak hidup. Celakanya kita kembali ke jaman itu. Kenapa FPI Surabaya dan FAK tidak menentang dan demo ketika Jakarta dibom oleh aktifis Islam ??? Di mana suara mereka???Paling2 jawabannya , itu makar dan kerja zionis, intelijen, atau CIA.

         Kahar Muzakar, dan Sumarsono adalah orang2 yang sebenarnya perlu dibaca secara proporsional. Mereka pahlawan, di saat negeri ini masih jabang bayi, sementara yang lain (antek2 KNIL, Pao An Tui dll) masih menetek Belanda imperialis. Tetapi jika kemudian mereka memberontak , hal itu perlu dibaca dengan kearifan, dengan kedewasaan, bahwa kegagalan mereka adalah sumbatan ideologis2 masa lampau yang tidak perlu lagi distigma dengan cupet pikir. 

 Yang paling lucu dari itu semua adalah bagaimana bisa seorang Profesor Aminudin kasdi koq ya terlibat dalam demo itu. Saya sendiri sudah kagum dengan tulisan beliau dalam mengulas gerakan BTI, dan itu contoh yang baugs dalam menolak semua gagasan dengan tulisan. Bukan dengan acungan demo, memaksa, dan kalah menang2an macam preman pasar Wonokromo. Dengan keterlibatan beliau dalam demo di Jawa Pos, saya (Ahmed Shahi Kusuma) jujur merasa kurang respek terhadap beliau.

 Biarlah Sumarsono bercerita, biarlah Kawilarang bertutur, biarlah Daud Beureuh berceramah, sebagamana kita perlu belajar dari Natsir tentang Indonesia kita.

14 Komentar »

  1. asraf said,

    Pak, aneh aneh saja tindakan Front Anti Komunis (FAK) itu. La wong terdakwa di persidangan saja berhak untuk menyampaikan pandangannya. La apa kita ingin saenak udele dewe.

  2. Dimas Aryanto Maghfiro said,

    Pao An Tui kata anda antek Belanda. Benda apaan itu ???
    menurut hematku, kontroversi tokoh di tanah air memang belum disikapi dewasa. Aku tidak tahu lagi berapa lama lagi, anak cucu kita masih diajari kebencian terus menerus antar generasi.
    Ahmed, ada poin penting, kata kuncinya :memahami orang lain

  3. lovepassword said,

    Saya malah baru tahu ada masalah ini gara2 membaca artikelmu. Mungkin karena lokasinya di Jatim jadi orang Jatim tentu lebih tahu dan lebih menghayati apa yang terjadi. Pasti Jawa Pos Radar Jatim membahas itu banyak yah ? Kalo masalah prof nggak usah membuat dikotomilah. Hi Hi Hi, Manusia terlepas dari apapun pangkat, derajat, dsb ada yang pinter ada yang nggak, ada yang reaktif dan juga yang kalem, pokoknya macem2lah itu. Lha Prof Kasdi itu kan salah satu tipe diantara sekian banyak kepribadian manusia gicu lho. Ya biarpun prof ya masih normal itu. Kali-kali saja dia memang hobi mengekspresikan perasaannya dengan Demo🙂 Hi Hi Hi. Lagi bosen nulis sekarang mau pake cara lain gicu ya?
    Sepanjang masih demo ya biarin sajalah. itu kan salah satu cara mengaktulisasi diri.🙂 Lha kalo pake ancam mengancam lha itu memang tidak sehat.

  4. lovepassword said,

    Secara substansial : Sebenarnya kalo dilihat isinya gini ya : Yang namanya manusia ada waktunya salah dan benar. Kita tidak bisa menisbikan sisi baik orang lain sebenarnya sih, para tokoh pemberontak entah itu PKI, DI TII, Permesta dsb , pada masa pra Kemerdekaan memang punya kontribusi untuk negeri ini. Mereka kan semuanya ikut berjuang sebelum negeri ini ada. Lha sejarah kita tidak pernah mengajari bersikap adil menunjukkan sisi itu. Bahwa mereka endingnya punya kesalahan itu memang salah. Tetapi bukan berarti lalu mereka dianggap sama sekali tidak punya peran. Kemungkinan besar yang dimaksudkan bosnya JP itu seperti itu. Lha yang lain nangkepnya kok kesannya membela PKI. Apalagi kan bagi sebagian orang, demo itu hobi yang sehat🙂 Hi hi hi

  5. ahmed shahi kusuma said,

    @lovepassword
    Setuju puuuuuulllllll !
    Kamu kan bilang, manusia bisa berubah !

  6. Asraf said,

    Pak, di diskusi kan sering ngobrol ttg Perang Dunia kedua. Saya ingat waktu Bapak kasih diskusi di radio ttg Nazi. Tapi saya g bisa temuin situs Indonesia yg pro Nazi. Maaf, bapak kan ke kiri2an, anti nazinya besar.

  7. ahmed shahi kusuma said,

    @Asraf
    Ya, saya memang pengagun Syahrir, gak apa2 kan ???
    memang saya alergi Hitler dan fasismenya. Celakanya fasisme ini bersifat generik, bisa ada di gerakan Islam, Kristen, Yahudi, dll bahkan komunisme macam Stalin.
    Sebagai orang liberal, saya tidak keberatan mencantumkan blog yg anda minta, smoga ini memuaskan anda
    http://alifrafikkhan.blogspot.com/2009/04/foto-foto-tokoh-nazi-dan-aktor-yang.html

    maassalam !

  8. rakhmat sirajudin said,

    bagi saya adalah mereka tidak tuntas memahaimi apa arti komunis itu. dan juga mereka iri hati karena mereka tidak bisa berbuat seperti orang-orang komunis,jangan -jangan menurut saya mereka juga dari keturunan orang komunis indonesia.hehehehehe…kwkwkwkwwk…salam revolusi…!..hidup komunis..! mari kita merahkan indonesia…!perlu kalian tau…orang komunis indonesia juga pernah ikut berperang melawan belanda dan juga memerdekakan indonesia dari jajahan belanda,jepang dan inggris….,hapuskan pemikiran feodal anda…!

  9. lovepassword said,

    @ rakhmat sirajudin : Bahwa tokoh komunis juga pernah berjasa untuk negeri ini ya itu memang benar. Tetapi kalo mari kita komuniskan Indonesia , itu urusan lain lagi yah. Saya masih lebih seneng Pancasila.
    Lha setiap aksi anarki itu juga bertentangan dengan sila2 Pancasila, selain tentu saja tidak menghormati aturan hukum positip.

    SALAM

  10. rahmat surajudin said,

    saya sepakat apa yang anda katakan terhadap pancasila, tetapi klo aksi anarki yang anda kira bahwa aksi anarki bertentangan dengan pancasila itu sangat keliru didalam sebuah aksi itu diperlukan anarki selamah ini bahwa anda juga telah terkontaminasi kata2x anti anarki yang dihegemonikan keotak anda oleh rezim soeharto( orba ).coba baca teori anarki yang ditulis oleh bacunin.terimah kasih atas komentar yang anda kirim.perlu anda garis bawahi bahwa anda juga sepakat dengan orang2x komunis diindonesia.pertanyaan saya apakah anda sepakat komunis hidup diindonesia..?

  11. Terimakasih sudah mencantumkan link ke blog saya, itung-itung nambah promosi biar pemasukan dari iklan tambah besar!😉

    Sebenarnya saya membikin blog tersebut lebih karena kekaguman saya pada militer Nazi Jerman/Third Reich (Jenderal, mesin perang, seragam, mars, dsb.) dan BUKAN karena ideologinya. Saya orang Islam pak dan Alhamdulillah memegang teguh ajaran agama saya, tapi apakah hanya karena saya menyenangi sejarah Perang Dunia lalu dikatakan bahwa saya bersimpati dengan Nazi? Kalau begitu anda sama saja menganggap kalau Steven Spielberg simpatisan Hitler gara-gara dia membikin film Schindler’s List dan Saving Private Ryan, David Irving gara-gara dia membuat buku tentang biografi tokoh-tokoh Nazi, para reenactor gara-gara mereka senang main perang-perangan dengan menggunakan seragam Nazi, dan tentu saja para sejarawan yang meneliti aspek-aspek historis Jerman masa kekuasaan Hitler. Itu yang bapak maksud?

    Saya minta bapak kalau nge-judge jangan lihat dari kulitnya. Saya yakin bapak berpendidikan, yang diajarkan untuk check dan re-check sebelum berpendapat. Sebagai contoh, saya minta bapak membaca artikel saya yang berkaitan dengan biografi Hitler dan tokoh-tokoh partai, bapak bisa lihat bahwa disitu saya bersikap netral dan tidak membabi-buta membela mereka.

    Saya ingin meneruskan lebih lanjut diskusi ini di Facebook, saya yakin bapak tidak berkeberatan. Silakan add saya di : http://www.facebook.com/home.php?#/alifrafikkhan?ref=profile

    Saya tunggu kelanjutan diskusi ini, buktikan bahwa bapak memang ‘pencari kebenaran’ sejati!

    88

  12. ahmed shahi kusuma said,

    @Ali rafik..
    terimakasih sarannya..
    bagus juga komen anda, berati tak kenal maka tak sayang gitu ya….

    Cuma ttg facebook, kan enak lewat imel atau blog saja!

    Malah dari anda saya dapat gambar tokoh2 downfall ….
    Oh ya kalo bisa komen di https://ahmedshahikusuma.wordpress.com/2009/01/22/steven-spielberg-kapan-bikin-film-deir-yassin/

    Saya juga kolektor film dan mainan model dragon skala 1/35, apa di tempat anda ada merchandise yg dijual???
    Salam kenal, salam sayang tentunya !

  13. sang perjaka said,

    wah..info yg menarik

  14. The $ema$a said,

    nice info


Tinggalkan Balasan

